Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Bandung Punya "Zebra Cross" Unik

Kompas.com - 27/12/2016, 15:22 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejumlah zebra cross dengan desain unik di Kota Bandung tengah hangat diperbincangkan.

Biasanya, desain zebra cross hanya berdesain garis putih yang menempel pada pekatnya warna hitam aspal jalan. Namun di Bandung, zebra cross kini dibuat menarik dengan aneka desain seperti ular tangga, permainan sondah, angklung dan suling.

Seperti yang terlihat di Jalan Merdeka Bandung. Zebra cross di lokasi itu berbentuk seperti permainan ular tangga yang lengkap dengan kotak bernomor serta gambar ular. Sejumlah penyeberang jalan pun tersenyum ketika melihat zebra cross tersebut.

"Unik sih, semoga bisa lebih menjaga keamanan para penyeberang," kata Nurul Indrawati (20), salah seorang pejalan kaki saat ditemui di Jalan Merdeka Bandung, Selasa (27/12/2016).

Sementara itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, zebra cross tersebut sengaja dibuat lebih menarik perhatian bagi para pengendara bermotor yang kerap tak menghargai para pejalan kaki.

"Sebagai pendidik bagi para pemotor yang selalu melanggar zebra cross. Intinya karena mereka tidak mempedulikan. Sehingga dibuatlah konsep zebra cross ini agar lebih diperhatikan, maka dibikin desain unik untuk di Kota Bandung," ucap Ridwan di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana.

Menurut data dari Dinas Perhubungan Kota Bandung, zebra cross unik itu baru ada di tujuh titik pusat keramaian Kota Bandung seperti di Jalan Merdeka, Jalan Braga, dan Jalan Sukarno-Hatta.

"Ada berbagai tipe. Di luar negeri juga sudah dimulai. Ada angka-angkanya, itu diserahkan kepada tim desain untuk menarik perhatian dan menghormati pejalan kaki," jelas Ridwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com