Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Evakuasi Ratusan Penumpang Selesai, KM Sinabung Masih Kandas

Kompas.com - 23/12/2016, 18:11 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Kapal Sinabung yang kandas di perairan Dulah Laut, Maluku Tenggara hingga  Jumat (23/12/2016) petang masih tetap berada di perairan tersebut. Informasi yang dihimpun menyebutkan upaya penarikan kapal milik PT Pelni itu sedang direncanakan namun sejauh ini belum dilakukan,

Koordinator Pos SAR Tual, Fahri Fahrudin Hehuat kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon membenarkan bahwa kapal tersebut masih kandas dan belum ditarik.

”Kapalnya kandas di atas karang, dari sini saya juga bisa memantau kapalnya karena posisi kantor saya di puncak,” ujarnya.

Dia menyebutkan, sesuai rencana kapal tersebut akan ditarik dari lokasi tersebut, namun hingga kini upaya itu belum dilakukan karena masih menuggu upaya koordinasi yang dilakukan PT Pelni dan Syahbandar.

“Kita juga diinformasikan soal upaya penarikan kapal itu, tapi sejauh ini masih dilakukan koordinasi,” katanya.

Menurut dia, proses evakuasi seluruh penumpang kapal telah selesai dilakukan pada Jumat dinihari tadi. Adapun lokasi kandasnya kapal tersebut berjarak sekitar 20-30 mil laut dari Kota Tual.

“Kalau evakuasi penumpang sudah selesai semuanya,” katanya.

Sebagaimana diberitakan, Kapal Sinabung yang bertolak dari pelabuhan Yos Sudarso Ambon dengan mengangkut ratusan penumpang kandas di perairan dulah, Maluku Tenggara pada Kamis (22/12/2016).

Kapal itu kandas karena diduga menabrak karang di perairan tersebut. Proses evakuasi terhadap ratusan penumpang pun dilakukan tim SAR dan Syahbandar dengan menggunakan kapal feri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com