Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Cisomang Diperbaiki, Jalur Alternatif Purwakarta Siap Dilalui

Kompas.com - 23/12/2016, 15:53 WIB
Reni Susanti

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com – Perbaikan pergeseran pilar kedua (p2) Jembatan Cisomang di Tol Cipularang akan berimbas pada pengalihan arus. Rencananya, pengalihan arus dilakukan melalui Purwakarta dengan keluar Tol Jatiluhur dan Sadang.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kepolisian dan instansi terkait. Pada intinya kami siap, karena jalur di Purwakarta relatif bagus. Kami siap menerima limpahan arus dari Cipularang,” ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Jumat (23/12/2016).

Dari informasi yang diperolehnya di lapangan, pengalihan arus hanya dilakukan untuk kendaraan sumbu dua atau kendaraan bertonase besar. Sedangkan kendaraan kecil masih bisa lewat.

Namun Dedi meminta kepada Jasa Marga dan pihak terkait lainnya untuk segera memberitahu masyarakat tentang kondisi Jembatan Cisomang. Apalagi jalan tol tersebut akan memasuki puncak libur Natal.

“Pemberitahuan jangan mendadak. Jangan telat juga. Kalau telat bisa buat macet,” terangnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Purwakarta, AKP Arman Sahti mengatakan jalur Purwakarta siap dilewati jika ada pengalihan arus. Pihaknya terus berkoordinasi untuk pengalihan arus tersebut.

Dalam surat yang disampaikan pada Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono disebutkan, Jasa Marga memonitor jembatan Cisomang selama 24 jam untuk penanganan kesusakan struktur jembatan.

Untuk itu, kendaraan golongan II, III, IV, dan V tidak diperkenankan melintasi Jembatan Cisomang dengan beberapa pengalihan, yakni kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung keluar di Gerbang Tol Sadang (KM 75+200) atau Jatiluhur (KM 84+600) dan dapat masuk kemballi di Tol Padalarang (Km 121+400).

Sedangkan kendaraan dari Bandung menuju Jakarta bisa keluar dari Padalarang atau Cikamuning dan masuk di Tol Sadang atau Jatiluhur.

(Baca juga: Jembatan Cisomang Bergeser, Jasa Marga Lakukan Penguatan Beton)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com