Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNPB Segera Rehab Puluhan Sekolah yang Rusak akibat Gempa Aceh

Kompas.com - 21/12/2016, 07:43 WIB
Masriadi

Penulis

PIDIE JAYA, KOMPAS.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam waktu dekat ini segera membangun puluhan gedung sekolah yang rusak akibat gempa magnitudo 6,5 di Kabupaten Pidie, Pidie Jaya dan Kabupaten Bireuen pada 7 Desember 2016 lalu.

Hasil verifikasi tim terpadu hingga Selasa (20/12/2016) menyebutkan sekolah yang perlu segera direhab, yaitu untuk Kabupaten Pidie Jaya 13 unit gedung sekolah dasar estimasi kebutuhan anggaran Rp 3,6 miliar.

Lalu 13 gedung SMP estimasi anggaran Rp 2,6 miliar, lima gedung SMA estimasi anggaran Rp 2,6 miliar.

Sedangkan untuk Kabupaten Bireuen sebanyak enam gedung SMA estimasi anggaran Rp 2,5 miliar. Lalu untuk Kabupaten Pidie akan direhab dua gedung SMA estimasi anggaran Rp 2 miliar, dan dua gedung SMK estimasi anggaran Rp 1,6 miliar.

“Pembangunannya dengan pola swakelola, seluruh biaya pembangunan sekolah itu akan dibebankan pada anggaran BNPB,” terang staf Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPBA, Cut Diah.

Baca juga: Butuh Dana Rp 127 Miliar untuk Rehab Rumah Korban Gempa Aceh

Untuk sekolah lapangan berupa tenda, sambung Cut, hasil verifikasi menunjukan dibutuhkan 108 unit tenda. Dari jumlah itu, saat ini baru terpasang 48 tenda dan dibutuhkan 60 unit tenda lagi.

“Diperkirakan pembangunan tenda lapangan untuk sekolah ini selesai dalam pekan ini,” jelas Cut Diah.

Cut Diah menyebutkan tim terpadu yang melakukan verifikasis terdiri dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pendidikan Nasional, Dinas Pendidikan Pidie, Dinas Pendidikan Pidie Jaya, Dinas Pendidikan Bireuen dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta BNPB.

Kompas TV Pengungsi Gempa Aceh Tidur dengan Beralaskan Tanah

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com