Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ada Lagi Gempa Susulan di Pidie Jaya

Kompas.com - 20/12/2016, 20:08 WIB
Masriadi

Penulis

PIDIE JAYA, KOMPAS.com - Gempa susulan yang terjadi akibat gempa utama bermagnitudo 6,5 di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, mulai berhenti dalam dua hari terakhir.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banda Aceh Eridawati menyebutkan, struktur sesar lokal tanah mulai stabil.

Dari pantauan BMKG tidak ada lagi gempa susulan sejak 18 Desember 2016.

"Berdasarkan alat seismometer, kami mencatat, sejak hari Minggu 18 Desember 2016 sudah tidak ada lagi gempa susulan. Sehari sebelumnya tercatat hanya satu kali gempa susulan dengan kekuatan rendah," ujar Eridawati, Selasa (20/12/2016).

Dia menyebutkan, setelah gempa utama pada 7 Desember 2016 pukul 05.30 WIB, tercatat ada 112 gempa susulan. Gempa susulan dengan kekuatan rendah itu hal wajar setelah gempa utama terjadi.

"Jadi masyarakat jangan panik," kata Eridawati.

Gempa utama pada 7 Desember lalu mengakibatkan 104 jiwa meninggal dunia, puluhan ribu penduduk mengungsi, dan ribuan bangunan rusak. Dampak gempa terjadi tidak hanya di Kabupaten Pidie Jaya, tetapi juga Kabupaten Bieruen dan Pidie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com