Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa-siswi SD Ini Tetap Semangat Belajar dengan Kondisi Terbatas

Kompas.com - 08/12/2016, 16:34 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Dua orang guru perempuan sedang membagikan soal ulangan kepada muridnya. Muridnya tidak banyak, hanya kurang dari 10 orang.

Dengan tenang, siswa-siswi itu mengerjakan tugas di satu ruangan kelas yang disekat dengan tripleks di bagian tengah agar kegiatan belajar-mengajar mereka tidak terganggu.

Seperti itulah kondisi SD Negeri 5 Singonjuruh, Kampung Wilut, Dusun Kunir, Desa Singonjuruh, Kecamatan Singonjuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kondisinya sangat sederhana dengan jumlah siswa sedikit.

"Hanya ada tiga (ruang) kelas di sekolah ini. Jadi ya setiap kelas harus diberi sekat agar tidak terganggu. Kadang jika ada guru yang tidak masuk, satu guru mengajar dua kelas sekaligus," jelas Pelaksana Tugas Kepala SD Negeri 5 Singonjuruh Hiklima (49) kepada Kompas.com, Kamis (8/12/2016).

Tiga ruangan kelas tersebut tampak sangat layak digunakan setelah mendapatkan bantuan rehabilitasi pada 2011.

Untuk kantor, para guru memanfaatkan rumah dinas yang kondisinya sangat memprihatinkan dengan bagian plafon jebol dan bocor saat hujan.

"Kalau hujan, ya kami harus seret-seret buku dan berkas agar enggak basah kena hujan," kata Hiklima.

Ruangan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) pun menggunakan satu kamar di rumah dinas yang sudah tidak dimanfaatkan karena dindingnya sudah retak. Kamar mandi hanya ada satu dan digunakan ketika ada tamu.

Pada saat ujian seperti hari ini, guru jaga seharusnya berasal dari sekolah lain. Namun, karena hujan dan medan menuju ke sekolah tersebut berlumpur, maka mereka memutuskan untuk menjaga sendiri murid-muridnya.

"Sudah ada kesepakatan, kasihan kalau guru luar datang ke sini. Medannya luar biasa susah, apalagi kalau hujan. Mereka tidak terbiasa dengan kondisi jalan berbatuan terjal yang licin," jelasnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com