Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Alternatif Kendal ke Kabupaten Semarang dan Temanggung Rawan Longsor

Kompas.com - 05/12/2016, 17:51 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Dua jalur alternatif Kendal–Kabupaten Semarang dan Kendal-Temanggung rawan bencana longsor dan pohon tumbang. Pengendara yang melintas di jalur tersebut diminta berhati-hati, terutama ketika turun hujan disertai angin.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal Sigit Sulistyo, Senin (5/12/2016) mengatakan, daerah rawan longsor di jalur alternatif Kendal-Kabupaten Semarang adalah Darupono Kaliwungu Selatan dan Jamblang Singorojo.

"Kalau di jalur alternatif Kendal- Temanggung, yang rawan longsor ada di Desa Pagergunung, Kecamatan Pageruyung," kata Sigit.

Dua jalur alternatif tersebut melewati daerah hutan sehingga rawan pohon tumbang.

BPBD Kendal sudah menyiapkan rambu-rambu peringatan di jalur tersebut sehingga masyarakat yang melintas diminta waspada. "Di situ, banyak hutan jati dan karet," kata dia.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kendal Slamet menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan peralatan, seperti cangkul, mobil derek, dan gergaji mesin, untuk mengantisipasi adanya tanah longsor atau pohon tumbang.

"Bantuan bencana juga sudah kami siapkan. Namun kami berharap tidak ada bencana,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com