Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Banjir, Aceh Singkil Akan Bangun Drainase Sepanjang 21 Kilometer

Kompas.com - 02/12/2016, 05:32 WIB
Masriadi

Penulis

ACEH SINGKIL, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Sudarmo menyatakan, untuk mengantisipasi banjir di Aceh Singkil, pihaknya akan membangun drainase sepanjang 21 kilometer dari Kecamatan Singkil hingga Kecamatan Singkil Utara.

Hal itu disampaikan Sudarmo saat berkunjung ke Kabupaten Aceh SKamis (1/12/2016) untuk memastikan bantuan korban banjir telah terdistribusi ke masyarakat.

"Akan dibangun juga tanggul tebing sungai. Memang butuh dana besar sehingga harus dilakukan bertahap. Kita minta didanai APBN hingga tahun 2020 mendatang," sebutnya.

Baca juga: Banjir di Aceh Singkil, Suplai Listrik untuk 6.000 Pelanggan Terhenti

Jika drainase dan tanggul sungai rampung, sambung Sudarmo, maka dipastikan Aceh Singkil bebas dari banjir rutin setiap memasuki akhir tahun.

Saat ditanya penyebab banjir, Sudarmo menyebutkan karena penebangan hutan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Sedikit banyak pasti ada sumbangan dari penebangan ilegal. Ayo stop tebang hutan. Pak Kapolres kita minta menangkap pelaku penebangan hutan itu," terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir merendam Aceh Singkil lima hari terakhir. Ribuan rumah terendam, sejumlah jembatan dan jalan ambles, serta suplai arus listrik terhenti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com