Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Gabungan Bagikan Air Mineral dan Permen untuk Pelintas Aksi 2 Desember

Kompas.com - 01/12/2016, 18:14 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Petugas gabungan dari Polres Salatiga, Kodim 0713/Salatiga, Denpom IV/3 Salatiga, dan Dinas Perhubungan Kota Salatiga menggelar operasi untuk memantau gelombang massa yang akan mengikuti aksi 2 Desember di Jakarta.

Berpusat di simpang empat Kecandran jalan lingkar selatan, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Kamis (1/12/2016) siang, petugas menggelar operasi secara simpatik dengan membagikan air mineral dan permen kepada pelintas yang akan menuju Jakarta.

Petugas menghentikan setiap kendaraan dan memeriksa kelengkapan surat-suratnya, serta memeriksa barang-barang bawaan penumpang. Petugas juga mengimbau agar selalu berhati-hati saat berkendara.

"Kita juga periksa bagasi, barangkali ada senjata tajam, barangkali ada bahan peledak, seperti itu kita antisipasi juga. Yang penting kita lebih jeli, kita lebih detail dalam rangka pelaksanaan ini," kata Wakil Kepala Polres Salatiga Komisaris Polisi Dyah Wuryaning.

Menurut Dyah, operasi penyekatan ini sengaja dilakukan di jalur-jalur yang diperkirakan dilalui oleh massa yang akan mengikuti akdi 2 Desember ke Jakarta.

Operasi ini dilakukan untuk menjaga situasi keamanna yang kondusif menjelang aksi 2 Desember.

Hingga berakhirnya operasi, polisi tidak mendapati barang-barang mencurigakan.

Selain menyampaikan imbauan agar para peserta aksi berhati-hati di jalan, petugas juga mengingatkan agar massa tetap menjaga komitmen aksi damai.

"Saat gelombang kepulangan massa dari Jakarta, kami juga akan lakukan hal yang sama," kata dia.

Salah seorang peserta aksi, Syafrudin mengaku sudah dua kali diberhentikan petugas sepanjang perjalanan dari Klaten sampai di Salatiga.

Syafrudin berangkat dengan peserta aksi lainnya dengan menumpang dua bus dan 12 kendaraan roda empat.

"Biasa itu. Kita sudah dua kali dicegat, enggak masalah," kata Syafrudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com