Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunggak Pajak, Mobil Dinas Ketua dan Wakil DPRD Halmahera Barat Ditahan

Kompas.com - 29/11/2016, 20:43 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com – Mobil dinas milik Ketua DPRD Halmahera Barat Juliche D Baura terjaring razia Operasi Zebra 2016 oleh Satlantas Polres Halmahera Barat.

Mobil bernomor polisi DG 1080 HB tersebut terbukti menunggak pajak kendaraan motor. Pada saat ditilang, pengemudi tidak dapat menunjukkan surat tanda nomor kendaraan (STNK) kepada petugas razia.

Selain itu, mobil dinas bernomor DG 1079 untuk Wakil Ketua II DPRD Halmahera Barat Nikodemus H David juga tak luput dari tilang. Selain itu, masa berlaku STNK mobil Ketua Organda Halmahera Barat tersebut juga telah habis.

Pelaksana Tugas Kepala UPTD Samsat Jailolo Afrida Durado mengatakan, petugas samsat juga dilibatkan dalam operasi tersebut dan ternyata membuahkan hasil.

"Sebab, mobil dinas yang digunakan anggota DPRD yang menunggak pajak kendaraan ikut terjaring. Sebagai jaminannya, mobil harus ditahan, seperti mobil ketua DPRD dan Wakil Ketua II DPRD," kata Afrida, Selasa (29/11/2016).

Menurut Afrida, hasil hitungan Samsat Jailolo Kabupaten Halmahera Barat, tunggakan pajak kendaraan dinas di DPRD setempat mencapai Rp 75 juta.

Afrida mengucapkan terima kasih kepada polisi yang telah bekerja sama dalam Operasi Zebra.

Dengan begitu, tugasnya dalam penagihan pajak kendaraan dapat terealisasi. Sebab, tingkat kesadaran untuk membayar pajak kendaraan masih sangat minim.

Ia mengatakan, langkah yang diambil ini tidak pilih kasih untuk pejabat maupun masyarakat.

"Jadi jangan hanya masyarakat yang memiliki kendaraan yang diperketat, sementara mobil dinas dibiarkan, itu namanya tidak adil," ujarnya.

Dirinya berharap dengan cara seperti ini tunggakan pajak kendaraan dapat berkurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com