Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menag Era Gus Dur: Jangan Sampai Ada Demo karena Hawa Nafsu

Kompas.com - 23/11/2016, 20:47 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Menteri Agama RI era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Muhammad Tholchah Hasan mengatakan, jika aksi demonstrasi yang direncanakan pada 2 Desember hanya karena memuaskan hawa nafsu, lebih tidak dilakukan.

Hal itu disampaikannya usai menghadiri Silaturrahmi Dewan Pimpinan MUI Kota Malang, Rabu (23/11/2016).

"Kalau ada kepentingan dan betul - betul sumbut (pantas) dengan demo. Kalau demo itu hanya kepuasan hawa nafsu saja lebih baik tidak," katanya.

Dirinya berharap kepada pihak-pihak yang merencanakan demo untuk menempuh jalan dialog.

"Saya kan tidak tahu, ada kepentingan apa saya tidak tahu. Lebih baik tidak usah. Masih ada cara lain, seperti dialog," ujarnya.

Namun jika demo itu terpaksa harus dilakukan, ia berharap bukan hanya karena memuaskan golongan tertentu. Sebab selama ini, aksi demonstrasi kerap dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab.

"Saya berharap jangan sampai ada demo karena hawa nafsu. Demo itu selalu dipakai oleh kepentingan kelompok lain," katanya.

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI berencana akan menggelar aksi lanjutan pada 25 November dan 2 Desember ini. Aksi itu terkait kasus penitaan agama yang dituduhkan kepada Gubernur non aktif DKI Djakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Saat ini, Ahok sudah menjadi tersangka dalam kasus itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com