Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Sepeda Motor Bodong Pakai Seragam Polisi, Seorang Pria Ditangkap

Kompas.com - 23/11/2016, 15:36 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Seorang pemuda bernama Fikri Hidayah (20), warga Pungkur, Kecamatan Regol, ditangkap Satuan Reskrim Polrestabes Bandung, Selasa (22/11/2016). Dia ditangkap di dekat RS Hasan Sadikin Bandung karena melakukan penipuan.

"Dia mengaku dari Polda Jawa Barat. Mengaku menjadi Kanit Narkoba dengan pangkat Ipda," kata Kepala Polrestabes Bandung, Kombes Pol Winarto didampingi Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP M Joni di Markas Polrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (23/11/2016).

Dalam aksinya, Fikri selalu menggunakan seragam polisi lengkap dengan pangkat serta atribut lainnya seperti rompi bertuliskan Narcotic Police dan pistol palsu yang ternyata sebilah pisau.

"Pistolnya bohongan, pelurunya saja pakai spidol," ucapnya.

Penipuan yang dilakukan oleh polisi gadungan ini adalah menawarkan kendaraan bodong dengan harga murah. Satu unit sepeda motor dilepas dengan harga Rp 3 juta.

Jika membeli langsung tiga unit sepeda motor, Fikri mengiming-imingi korbannya dengan potongan harga senilai Rp 1,5 juta.

"Modusnya menawarkan kendaraan bermotor roda dua. Dia bilangnya motor itu hasil lelangan," tuturnya.

Winarto menambahkan, pelaku sudah menjalankan praktik penipuan sejak tahun 2013. Agar lebih meyakinkan korban-korbannya, dia menggunakan plat nomor polisi pada kendaraan pribadinya.

"Untuk memperkuat dia menggunakan plat nomor polisi sama rompi," ungkapnya.

Winarto menduga, Fikri tidak bekerja sendirian. Menurut Winarto, pihaknya juga mengamankan satu orang polisi gadungan bernama Egi dengan pangkat Iptu.

Meski demikian, dugaan keterkaitan antara Fikri dan Egi masih terus didalami. Keduanya terancam hukuman bui lebih dari lima tahun karena diduga melanggar pasal 378 KUH Pidana.

"Pelaku dalam perjanjian (jual beli) dengan korban juga mencatut nama anggota Propam," ungkapnya.

Winarto mengimbau kepada warga Kota Bandung agar berhati-hati jika ada oknum kepolisian yang menawarkan kendaraan bermotor dengan harga murah.

"Kami imbau masyarakat berhati-hati dan curiga siapa pun juga yang menawarkan kendaraan bermotor dengan harga murah," tandasnya.

mengenakan atribut dan seragam polisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com