Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Brebes Bikin "Mannequin Challenge" saat Operasi Zebra 2016

Kompas.com - 21/11/2016, 17:36 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Setelah sebelumnya dunia internet digegerkan Harlem Shake dan Ice Bucket Challenge, kali ini giliran Mannequin Challenge yang tengah digandrungi pengguna dunia maya.

Kegiatan ini menampilkan sekelompok orang yang bergaya layaknya manekin. Video ini mengharuskan orang-orang mematung selama video diputar.

Khusus pada gelaran Ops Zebra 2016, Satlantas Polres Brebes, Jawa Tengah, juga ikut meramaikan jagad dunia maya dengan mengunggah video Mannequin Challenge.

Video Satlantas Polres Brebes ini berdurasi 5 menit yang pembuatannya melibatkan 150 personel selama dua hari.

Dalam video Mannequin Challenge yang dibuat Satlantas Polres Brebes itu di dalamnya penuh dengan sosialisasi tertib berlalu lintas dengan berbagai pelanggaran yang terjadi di jalan.

Penonton akan masuk ke dunia tempat polisi melakukan Ops Zebra dengan berbagai gaya yang menggelitik. Video itu juga menggambarkan situasi selama Ops Zebra 2016 di sepanjang Jalan Veteran, Brebes, berlangsung.

"Dalam video itu banyak sekali adegan yang membuat kita sadar akan pentingnya safety dalam berkendara. Ada yang mencoba kabur saat razia karena tidak memakai helm, lupa memakai sabuk pengaman pada pengguna, bahkan ada adegan dimana siswa sekolah harus push up karena melakukan pelanggaran," kata Kasatlantas Polres Brebes, AKP Arfan Zulkan Sipayung, Senin (21/11/2016).

Arfan menjelaskan, tujuan pembuatan Mannequin Challenge ini adalah untuk mengedukasi warga, sekaligis sebagai ajang sosialisasi Ops Zebra Candi 2016.

Pihaknya sengaja mengadopsi Mannequin Challenge karena sedang tren sehingga pihaknya berharap video itu bisa lebih menyasar netizen.

"Kita benar-benar sebisanya latihan mendadak karena waktunya mepet. Awalnya kita tidak berniat meng-upload ke Youtube, karena banyak permintaan, ya akhirnya kita upload juga, ternyata respons masyarakat bagus," lanjut Arfan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com