Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Semampir: Kami Setuju Tempat Lokalisasi Prostitusi Ditutup, tetapi Jangan Digusur

Kompas.com - 21/11/2016, 13:20 WIB
M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Warga RW 5 penghuni eks kompleks lokalisasi prostitusi Semampir di Kota Kediri, Jawa Timur, menolak rencana penggusuran oleh pemerintah setempat.

Penggusuran, menurut mereka, bukanlah solusi bijak karena dinilai malah akan mengusik hidup ratusan kepala keluarga yang selama ini tinggal di sana.

"Kami setuju lokalisasi ditutup, tetapi jangan digusur," ujar Supri, kuasa hukum warga, saat menggelar unjuk rasa bersama ratusan warga di Balai Kota Kediri, Jalan Basuki Rahmad, Senin (21/11/2016).

Warga mendesak Pemkot Kediri mencabut rencana penggusuran yang akan berlangsung pada 10 Desember nanti. Terlebih lagi, warga saat ini juga tengah menempuh jalur hukum dengan membawa kasus tersebut ke pengadilan tata usaha.

Mereka menggugatnya karena meyakini lahan tersebut termasuk eigendom. Bahkan sudah ada warga yang mengantongi sertifikat hak milik.

"Jadi hormatilah proses hukum yang berjalan," tambah Supri.

Sekretaris Kota Kediri Budwi Sunu Hernaning Sulistyo menegaskan, pihaknya akan tetap menjalankan rencana yang ada sesuai tahapan.

"Tetap jalan. Aspirasi yang masuk kita kaji," ujar Budwi setelah menemui perwakilan para pengunjuk rasa.

Pemkot sendiri akan mengubah lahan eks kompleks lokalisasi itu untuk memperluas area ruang terbuka hijau dan pusat kuliner. Warga yang digusur sedianya mendapat uang kerahiman Rp 2,5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com