Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Bermain Tanpa Kepanasan, Anak-anak Beramai-ramai Menanam Pohon

Kompas.com - 20/11/2016, 09:46 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com –  Sejumlah anak dan kaum muda Desa Hutadaa menanam pohon di perkampungan mereka, Minggu (20/11/2016).

Lokasi yang menjadi sasaran penanaman adalah pinggiran jalan dan lapangan yang berdekatan dengan Danau Limboto.

Sebanyak 200 bibit tanaman yang disediakan gratis oleh Badan Pengelola Daearah Aliran Sungai (BP DAS) Gorontalo langsung habis dalam hitungan menit.

Anak-anak antusias mengikuti Program Kambungu Beresi yang digagas secara swadaya oleh para pemuda di Kabupaten Gorontalo.

“Pohon yang ditanam di pinggir lapangan ini akan besar dan suatu saat nanti kami bisa bermain tanpa kepanasan,” kata Nanda (12), siswa kelas 6 SD Hutadaa Kecamatan Telaga Jaya.

Berbagai jenis tanaman pelindung dan buah ditanam pada hari ini, angsana, mangga, tanjung, rambutan disediakan BP DAS. Penanaman pohon ini merupakan bagian dari program BP DAS yang ingin memperbaiki kondisi lingkungan di daerah tangkapan air.

Sementara masyarakat merasa terbantu dengan bibit yang siap tanam. Sehingga kawasan perkampungan mereka lebih rindang dan nyaman untuk ditinggali.

Selain Nanda dan teman-temannya, sejumlah petugas Puskesmas dan masyarakat desa bersama-sama menanam pohon. Tidak heran jika dalam hitungan menit semua pohon langsung tertanam sebelum matahari meninggi.

“Kami juga berharap desa kami tidak banjir lagi,” ucap Nanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com