Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lumbung Ikan Nasional di Maluku Perlu Segera Direalisasikan

Kompas.com - 19/11/2016, 11:55 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua mengatakan bahwa perjuangan untuk mewujudkan Maluku sebagai lumbung ikan nasional merupakan sebuah kewajaran.

"Karena (Maluku) memiliki semua syarat untuk menjadi lumbung ikan nasional," kata Zeth di Ambon, Sabtu (19/11/2016).

Dia mengatakan, produksi ikan Maluku mencapai 20 persen produksi nasional. Tiga laut di wilayah Maluku, yaitu Laut Banda, Arafura, dan Seram, memiliki potensi perikanan yang sangat besar.

Oleh karena itu, mengaku bahwa Maluku sudah sewajarnya menjadi lumbung ikan nasional agar potensi perikanan di Maluku dapat dikelola dengan baik untuk kemakmuran rakyat.

"Kita harapkan mudah-mudahan dalam waktu dekat lumbung ikan nasional telah direalisasikan agar ada kesiapan bagi kita untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN," katanya.

Pencanangan Maluku sebagai daerah lumbung ikan nasional sudah dilakukan sejak masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, hingga kini kebijakan itu belum juga direalisasikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com