Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kampanye Hitam, Tim Patroli Cyber Dibentuk

Kompas.com - 17/11/2016, 15:47 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Untuk mengawasi penyalahgunaan penggunaan media sosial selama masa kampanye Pilkada, Panwas Kota Salatiga membentuk Tim Patroli Cyber (TPC).

Sebab, meski bisa menjadi sarana yang efektif untuk menyampaikan gagasan juga visi misi para calon kepala daerah, media sosial juga kerap disalahgunakan untuk untuk melancarkan kampanye negatif kepada lawan politik.

Setiap hari, petugas di unit tersebut memantau aktivitas di media sosial seperti facebook, Twitter, Instagram, ataupun situs di Kota Salatiga.

"Ada lima petugas yang bergabung di unit tersebut. Unit patroli cyber ini sebagai langkah antisipasi maraknya media sosial sebagai media berkampanye di Kota Salatiga," ungkap Ketua Tim Patroli Cyber Polres Salatiga AKP Moch Zazid, Kamis (17/11/2016) siang.

TPC Polres Salatiga ini, kata Zazid, juga menerima aduan atau laporan dari masyarakat atau tim kampanye masing-masing calon apabila ada penyimpangan penggunaan media sosial. Pihaknya akan segera mendeteksi akun yang diduga melanggar dengan menggunakan perangkat yang dimiliki.

"Sehingga diketahui siapa yang menjadi operator atau pemilik akun tersebut. Yang jelas media sosial yang sifatnya melanggar aturan KPU dalam berkampanye, akan kami tindak," tuturnya.

Apabila unsur dugaan tindak pidana, administrasi, ataupun sengketanya cukup kuat, lanjutnya, proses selanjutnya akan diteruskan kepada Panwas Kota Salatiga. Kemudian dari Panwas Kota Salatiga, hasil penyelidikan tersebut diteruskan kepada KPU Kota Salatiga.

"Namun Jika pelanggaran itu ada kaitannya dengan tindak pidana, kita siap membawanya ke ranah hukum," ungkapnya.

Saat ini, lanjut dia, TPC Polres Salatiga tengah meminta nama-nama yang masuk ke dalam tim sukses pemenangan seluruh pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga 2017.

Kelengkapan data tim sukses tersebut menjadi bekal bagi TPC dalam memantau media sosial yang berkaitan dengan Pilkada Kota Salataiga.

"Baik akun resmi maupun tidak resmi, akan kami deteksi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com