Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Ke-71, Marinir Gelar "Upacara Air" di Kaki Jembatan Suramadu

Kompas.com - 15/11/2016, 15:31 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ratusan personel Pasukan Marinir I (Pasmar 1) menggelar upacara hari jadi Korps Marinir ke-71 di kaki jembatan Tol Surabaya-Madura (Suramadu), Selasa (15/11/2016). 

Upacara itu disebut Upacara Air karena pasukan upacara berbasah-basah dengan masuk ke perairan pantai Tambak Wedi di kaki jembatan Tol Suramadu.

Upacara juga diikuti nelayan dan pelajar, namun mereka berada di atas perahu karet. Sebuah tank amfibi dimanfaatkan sebagai mimbar upacara.

Komandan Pasmar 1 Brigjen (Mar) Lukman bertindak sebagai inspektur dalam upacara tersebut, sedangkan Komandan Yonif Arhanud I Marinir Letkol (Mar) Herviyanto bertugas selaku komandan upacara.

Menurut Lukman, upacara ini digelar serentak oleh seluruh pasukan marinir dari Sabang hingga Merauke. Di Jakarta, upacara serupa digelar di Tanjung Pasir, sementara di Lampung digelar di Pantai Ciremai.

"Kenapa upacara di pantai? Karena marinir merupakan prajurit laut. Prajurit yang didesain memiliki kemampuan dari laut ke darat," tuturnya.

Marinir juga menggelar berbagai kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat pada peringatan HUT ke-71 tersebut, seperti bakti sosial dan bersih-bersih pantai bersama masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com