Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Citarum Meluap, Jembatan Penghubung Cianjur-Bandung Barat Putus

Kompas.com - 12/11/2016, 12:10 WIB

CIANJUR, KOMPAS.com - Jembatan proyek PLTA Cisameung yang menghubungkan Bandung Barat dengan Cianjur putus akibat terkena limbasan air Sungai Citarum, Jumat (11/11/2016).

Jembatan tersebut merupakan akses utama Desa Cihea Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur yang terhubung ke Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat KBB.

Jembatan sepanjang kurang lebih 80 meter dan lebar 6 meter ini merupakan akses utama warga Desa Cihea.

Kepala Desa Cihea Supriatno menjelaskan, hampir seratus persen aktivitas warga melewati jembatan ini terutama kendaraan roda empat. Sementara untuk akses roda dua warga masih bisa memanfaatkan jembatan Rawayan.

"Hampir seratus persen warga lewat sini. Roda empat sudah tidak bisa ke sini karena jembatan ini terputus. Sementara warga harus melintas menggunakan jembatan rawayan yang hanya mampu dilalui oleh kendaraan roda dua saja," tuturnya di lokasi, Sabtu (12/11/2016).

Menurutnya, tidak ada lagi akses jalan yang bisa dilalui kendaraan roda empat selain jembatan tersebut.

"Tidak ada lagi jalan selain jembatan ini dan jembatan Rawayan. Ada akses jalan setapak melewati hutan kebon karet," ujarnya saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, jembatan ini juga digunakan warga untuk aktivitas sehari-hari seperti menjual hasil tani mereka ke Pasar Rajamandala di Kecamatan Cipatat.

"Kalau sekolah ada di sana (Cihea). Jembatan ini digunakan warga untuk menjual hasil taninya ke Pasar Rajamandala dan lain-lain," ujarnya. (aa)

Berita ini sudah tayang di Tribun Jabar, Sabtu 12 November 2016 dengan judul BREAKING NEWS: Jembatan Penghubung Bandung Barat-Cianjur Putus Diterjang Aliran Citarum

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com