Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deddy Mizwar: Jangan Sampai Persatuan Jadi Barang Mewah bagi Kita

Kompas.com - 10/11/2016, 12:12 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, menilai persatuan sudah menjadi barang mewah pada saat ini karena banyak sekali pertentangan yang terjadi di Indonesia.

"Bagaimana nilai-nilai kepahlawanan tadi membangun kebersamaan untuk membentuk persatuan sesuai tema Hari Pahlawan sekarang, 'Satu Langkah Untuk Negeri'. Sekarang persatuan sudah jadi barang mewah, di mana-mana terjadi pertentangan," kata Deddy saat berziarah ke Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung, Kamis (10/11/2016).

Dia mengatakan, tema Hari Pahlawan tahun ini bisa terwujud jika semua warga menerapkan keadilan di berbagai aspek kehidupan.

"Kalau kita tidak bisa mempertahankan kedaulatan kita, maka kita akan tercabik-cabik oleh agenda tersembunyi dari berbagai bangsa yang punya kepentingan," lanjut Deddy.

Menurut dia, masyarakat saat ini harus bisa mencontoh sikap para pahlawan bangsa ini yang berjuang sekuat tenaga mempertahankan persatuan negeri ini dari para penjajah.

"Saya kira ini harus disikapi supaya satu langkah untuk negeri ini bisa terwujud, karena jangan sampai persatuan itu menjadi barang mewah untuk kita. Ingat sila ketiga Pancasila kita," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com