Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kata Setya Novanto soal Demo 4 November

Kompas.com - 02/11/2016, 16:51 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com – Rencana aksi unjuk rasa yang akan digelar oleh sejumlah organisasi masyarakat pada Rabu (4/10/2016) besok ditanggapi serius oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Setya Novanto.

Novanto mengharapkan aksi demontrasi bisa berlangsung dengan aman dan damai.

"Demontrasi yang akan dilakukan besok, merupakan hak semua masyarakat Indonesia, sebagai bangsa yang sangat demokrasinya. Tetapi saya harap demo ini berjalan dengan damai tanpa ada aksi-aksi kekerasan," jelas Novanto, usai melantik puluhan pengurus DPD Partai Golkar Nusa Tenggara Timur (NTT) di Kupang, Selasa (3/11/2016).

Novanto mengatakan, demonstrasi yang diperkirakan diikuti oleh ribuan orang itu merupakan bukti bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki demokrasi yang besar. Oleh sebab itu, jangan sampai terjadi aksi-aksi anarkis.

“Perlu diketahui bahwa sebagai negara yang sangat menjunjung ideologi Pancasila, seyogyanya butir-butir yang terkandung dalam pancasila itu bisa dijaga dengan baik.Jangan sampai demo tanggal 4 November nanti, merusak ke-Bhinekaan kita yang sudah ada sejak dahulu," ucapnya.

Karena itu ia berharap, pihak keamanan bisa menjaga aksi demonstrasi tersebut sehingga tidak ada yang mudah terprovokasi yang justru dapat menimbulkan konflik.

"Saya berharap kita semua jaga bersama, kedamaian di Indonesia, agar negara yang dikenal demokrasi dan berideologi pancasila ini tetap dikenal sebagai bangsa yang selalu bersatu dan damai," sebutnya.

Kompas TV Ahok Yakin 3 Parpol Pendukung Tetap Konsisten
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com