Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Ranggajati Beroperasi, Jadwal KA Logawa Jember-Purwokerto Berubah

Kompas.com - 28/10/2016, 07:15 WIB

PURWOKERTO, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengubah jadwal perjalanan Kereta Api (KA) Logawa relasi Jember-Purwokerto mulai 1 November 2016.

"Sementara untuk jadwal perjalanan KA Logawa relasi Purwokerto-Jember tidak mengalami perubahan. Jadwal keberangkatan dari Stasiun Purwokerto tetap pada pukul 05.30 WIB," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko, di Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat (28/10/2016) dini hari.

KA Logawa yang selama ini diberangkatkan dari Stasiun Jember pada pukul 05.00 WIB, mulai 1 November berubah menjadi pukul 06.10 WIB.

Dengan demikian, kata dia, jadwal kedatangan KA Logawa di Stasiun Purwokerto yang sebelumnya pukul 18.18 WIB, berubah menjadi pukul 19.40 WIB.

Menurut dia, perubahan jadwal kedatangan maupun keberangkatan KA Logawa relasi Jember-Purwokerto juga akan terjadi di stasiun-stasiun pemberhentian.

"Oleh karena itu, kami mengimbau calon penumpang KA Logawa relasi Jember-Purwokerto untuk menyesuaikan waktu kedatangan di stasiun dengan jadwal keberangkatan yang tercantum pada tiket agar tidak terlalu lama menunggu," katanya.

Menurut dia, perubahan jadwal kedatangan dan keberangkatan KA Logawa relasi Jember-Purwokerto di setiap stasiun pemberhentian dapat dilihat pada laman http://tiket.kereta-api.co.id atau melalui aplikasi KAI Access.

Lebih lanjut, Ixfan mengatakan, perubahan jadwal perjalanan KA Logawa relasi Jember-Purwokerto itu berkaitan dengan peningkatan pelayanan berupa pengoperasian satu rangkaian kereta api baru kelas komersial, yakni KA Ranggajati relasi Jember-Surabaya Gubeng-Purwokerto-Cirebon pergi pulang (p.p.).

"Rencana stamformasi yang digunakan KA Ranggajati terdiri atas empat kereta kelas eksekutif, empat kereta kelas bisnis, satu, kereta pembangkit, dan satu kereta makan. Secara keseluruhan, KA Ranggajati dapat mengangkut 520 penumpang yang terdiri atas 200 penumpang kelas eksekutif dan 320 penumpang kelas bisnis," katanya.

Menurut dia, rencana pengoperasian KA Ranggajati relasi Jember-Surabayagubeng-Purwokerto-Cirebon merupakan terobosan baru dari PT KAI karena selama ini rute Jember-Purwokerto hanya dilayani KA Logawa yang merupakan kereta api kelas ekonomi bersubsidi atau public service obligation (PSO).

Terkait dengan jadwal perjalanan KA Ranggajati relasi Jember-Surabaya Gubeng-Purwokerto-Cirebon, dia mengatakan bahwa kereta api tersebut akan berangkat dari Stasiun Jember pada pukul 05.00 WIB dan tiba di Stasiun Cirebon pukul 20.35 WIB.

"Jadwal di stasiun-stasiun pemberhentian KA Ranggajati relasi Jember-Surabayagubeng-Purwokerto-Cirebon, antara lain, Stasiun Surabaya Gubeng pukul 08.48 WIB, Kutoarjo pukul 15.56 WIB, Kroya pukul 17.27 WIB, dan Purwokerto pukul 18.18 WIB," katanya.

Sementara untuk KA Ranggajati relasi Cirebon-Purwokerto-Surabayagubeng-Jember, kata dia, diberangkatkan dari Stasiun Cirebon pada pukul 06.05 WIB dan tiba di Stasiun Jember pukul 22.15 WIB.

Menurut dia, KA tersebut berhenti di beberapa stasiun, antara lain, Purwokerto pukul 08.05 WIB, Kroya pukul 08.50 WIB, Kebumen 09.50 WIB, Kutoarjo pukul 10.28, dan Surabaya Gubeng pukul 18.10 WIB.

"PT KAI memberikan tarif promo bagi calon penumpang KA Ranggajati relasi Cirebon-Purwokerto-Surabayagubeng-Jember atau sebaliknya pada tanggal 1-30 November 2016 berupa tarif single subclass," katanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com