Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Nasabah BRI yang Kehilangan Uang Bertambah Jadi 327 Orang

Kompas.com - 26/10/2016, 17:21 WIB
Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Jumlah nasabah yang melapor ke BRI Kantor Cabang Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), semakin bertambah.

"Sampai saat ini, ada sekitar 327 nasabah yang komplain ke kami, pengaduan ke kami. Kerugian sampai saat ini sekitar Rp 1,5 milliar," kata Wibisana, bagian Hukum Kantor Wilayah BRI Denpasar saat ditemui di Polres Mataram, Rabu (26/10/2016).

Wibisana mengatakan, dari jumlah nasabah yang melapor tersebut, pihaknya belum bisa memastikan apakah seluruh nasabah tersebut merupakan korban "skimming" atau bukan.

Baca juga: 50 Rekening Nasabah BRI Mataram Dibobol dengan Modus "Skimming"

Terkait hal ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan kantor BRI pusat untuk melakukan investigasi.

Jika benar nasabah yang melapor adalah korban "skimming", nantinya BRI akan mengganti uang nasabah yang hilang.

"Kerugian dari nasabah mau tidak mau harus kita diganti, setelah nanti memang dipastikan bahwa nasabah tersebut memang korban dari 'skimming' setelah adanya investigasi dari kantor pusat," kata Wibisana.

Menurut Wibisana, selain merugikan nasabah, BRI juga ikut dirugikan karena beberapa mesin ATM BRI mengalami kerusakan. Saat ini, kasus pembobolan ATM yang diduga menggunakan modus "skimming" telah ditangani Polres Mataram.

BRI melaporkan dugaan adanya "skimming" ATM yang terjadi di beberapa ATM di wilayah Kota Mataram.

Wibisana menambahkan, sejak pertama muncul pengaduan nasabah pada 21 Oktober 2016 lalu, pihak BRI langsung melakukan pengecekan di seluruh ATM BRI. Pihaknya mengindikasi adanya alat "skimmer" pada beberapa ATM yang tersebar di seputaran wilayah Mataram.

Baca juga: Polisi: Pembobolan Rekening 50 Nasabah BRI Gunakan Modus Lama

Salah satu yang telah diamankan adalah alat "skimmer" yang dipasang di ATM SPBU di Jalan Lingkar Selatan.

Terkait kasus ini, Wibisana mengimbau kepada seluruh nasabah untuk melakukan penggantian pin secara berkala. Apabila akan memasukkan nomor pin, nasabah hendaknya menutupi dengan tangan.

Jika ada laporan transaksi yang tidak dilakukan oleh nasabah, bisa langsung menghubungi call centre BRI atau datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com