Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung Terjang Pangandaran, 1 Warga Tewas dan 78 Rumah Rusak

Kompas.com - 12/10/2016, 17:28 WIB
Farid Assifa

Penulis

PANGANDARAN, KOMPAS.com - Angin puting beliung menerjang dua desa di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (12/10/2016) sekitar pukul 15.30.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata kepada Kompas.com, Rabu, menjelaskan, puting beliung menerjang Desa Kalangjaladri dan Parigi di Kecamatan Parigi. Akibat bencana alam itu, satu warga meninggal dunia dan puluhan rumah rusak.

"Angin puting beliung terjadi saat azan ashar. Rumah rusak di Kalangjaladri sebanyak 78 unit dan di Parigi masih didata. Selain itu, ada satu warga meninggal dunia. Barusan saya sudah melayat korban meninggal namun saya lupa namanya," jelas Jeje melalui sambungan telepon.

Jeje menjelaskan, korban meninggal karena tertimpa perahu yang disapu puting beliung. Saat itu, korban sedang menuju darat dari sungai, lalu angin kencang menyapu perahu dan menimpa korban.

"Korban meninggal setelah berada di darat," katanya.

Jeje mengatakan, saat bencana itu terjadi, kebetulan ia sedang berada di perjalanan dari kota Pangandaran menuju Parigi.

Lanjut Jeje, rumah yang rusak hampir 60 persen tidak bisa ditinggali lagi. Oleh karena itu, pihaknya mendirikan tenda darurat dan dapur umum.

"Hingga kini kami masih mendata jumlah rumah yang rusak. Kemungkinan bertambah karena di Parigi belum terdata," jelas Jeje.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com