Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatuh dari Lantai 11, TKW Asal Ponorogo Tewas di Hongkong

Kompas.com - 12/10/2016, 16:20 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

PONOROGO, KOMPAS.com - Dhinia Sabatini (24), tenaga kerja wanita asal Kabupaten Ponorogo tewas terjatuh dari lantai 11 di tempatnya bekerja di Hongkong. Belum diketahui jelas penyebab jatuhnya TKW yang baru tiga bulan bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Hongkong.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ponorogo, Sumani yang dihubungi Kompas.com, Rabu (12/10/2016) sore mengatakan, penyebab jatuhnya Dhinia belum bisa dipastikan apakah karena bunuh diri atau kecelakaan.

Saat ini pemerintah masih menunggu hasil penyelidikan dari kepolisian Hongkong untuk mengungkap penyebab jatuhnya korban dari lantai 11 apartemen korban bekerja.

"Hasil otopsi polisi Hongkong nanti yang akan bisa mengungkap apakah korban bunuh diri atau kecelakaan. Untuk itu kami juga tidak berani memastikan apakah korban tewas karena bunuh diri atau persoalan lain. Kami mendapatkan informasi korban terjatuh dari lantai 11, Sabtu (8/10/2016)," kata Sumani.

Belum jelasnya penyebab tewasnya korban, kata Sumani, juga berdampak belum jelasnya kepulangan jenazah Dhinia ke Indonesia.

Jenazah istri Sutiono yang tinggal Jalan Kumbokarno, Kelurahan Surodikraman, Kecamatan Ponorogo itu baru akan dipulangkan setelah aparat kepolisian setempat menyelesaikan penyelidikan.

Sumani menjelaskan, korban direkrut dan diberangkatkan PT Mitra Sinergi Sukses Sidoarjo secara legal. Korban juga mengikuti serangkaian tes sebelum diberangkatkan sebagai tenaga kerja wanita ke Hongkong.

Ia mengatakan perusahaan yang memberangkatkan korban bertanggung jawab untuk pemulangan jenazah hingga tiba di rumah duka di Kota Ponorogo.

Sumani menambahkan bila korban meninggal lantaran bunuh diri maka asuransi tidak bisa diklaim untuk pencairan asuransi. Sementara bila meninggal karena kecelakaan kerja maka bisa menerima asuransi.

Menurut dia jumlah TKI asal Ponorogo yang meninggal di luar negeri selama tahun 2016 tercatat 16 orang. Penyebab beraneka ragam mulai dari sakit, kecelakaan hingga bunuh diri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com