Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Pengiring Menteri Pertanian Tabrakan Beruntun di Poros Balikpapan-Samarinda

Kompas.com - 11/10/2016, 22:35 WIB
Dani Julius Zebua

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Mobil pengiring Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman mengalami tabrakan beruntun di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Loa Janan, Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (11/10/2016) sekitar pukul 16.30 WIB.

Saksi mata mengungkapkan, empat mobil pelat merah dan satu pelat hitam rusak berat akibat tabrakan itu.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu.

“Memang benar ada kejadian (kecelakaan) itu,” kata Kepala Bidang Humas Polda Kaltim, Komisaris Besar Polisi Fajar Setiawan, Selasa.

Andi Amran tengah melaksanakan kunjungan kerja selama dua hari di Samarinda dan Balikpapan. Ia mengawali dengan memberi kuliah umum di Universitas Mulawarman Samarinda, lantas melanjutkan kegiatannya dengan membuka sekaligus menghadiri Rapat Kerja Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri Kawasan Timur Indonesia.

Menteri tiba di Balikpapan sekitar pukul 15.00 WIB dan langsung menuju Samarinda. Para penjemput Andi baik dari Pemprov dan Unmul telah menunggu sejak pagi. Mereka langsung bergerak mengiringi sang menteri menuju Unmul setibanya di Balikpapan.

Iringan penjemput Andi sekitar 10 mobil, termasuk mobil polisi pengawal yang berada di bagian paling depan. Andi berada di mobil Toyota Alphard yang berada di baris ke dua di belakang mobil polisi. Bila tidak ada hambatan, rombongan ini tiba di Unmul sekitar 2 jam kemudian.

Cuaca mendadak berubah setelah memasuki Loa Janan, Kutai Kartanegara. Hujan mengguyur sepanjang perjalanan di Loa Janan.

“Jalanan licin karena hujan. Terutama di daerah yang beton-beton itu,” kata salah seorang saksi mata di tempat kejadian.

Ia mengungkapkan, di jalanan Loa Janan itulah beberapa mobil pengiring mengalami kecelakaan. Mobil yang berada di bagian tengah berhenti secara mendadak. Mobil di belakangnya tak bisa mengelak dan menubruk mobil yang ada di depannya.

Mobil PJR, Alphard, dan beberapa mobil paling depan tak mengalami musibah dan tetap melaju.

“Beruntung tidak ada yang luka, tapi kasihan mobilnya rusak semua,” kata saksi itu.

Fajar menjelaskan, mobil yang ditumpangi Andi Amran lolos dari kecelakaan ini. Ia juga memastikan bahwa rombongan utama dari menteri tidak terlibat dalam kecelakaan itu.

“Itu mobil pribadi-pribadi (yang kecelakaan),” kata Fajar.

 Andi Amran tetap bisa memberi kuliah umum tepat waktu. Ia juga hadir di raker KPTN-KWI.

Rencana, Rabu (12/10/2016), Andi Amran menghadiri Rapat Koordinasi Pangan Wilayah Kalimantan 2016 di Balikpapan. Angggota Komisi IV DPR RI, perwakilan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, dan Kementerian Perdagangan RI, dijadwalkan hadir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com