Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Sejahterakan Warga, Dinas Peternakan Brebes Bagi-bagi Ayam Petelur

Kompas.com - 11/10/2016, 20:38 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Demi meningkatkan kesejahteraan warga, Dinas Peternakan Brebes, Jawa Tengah, melakukan aksi bagi-bagi ayam gratis.

Dinas Peternakan mengajak masyarakat Desa Pesantunan, Wanasari, untuk memelihara ayam petelur atau ayam bukan ras untuk dikembangkan di rumah-rumah warga kurang mampu.

"Dengan memelihara ayam, diharapkan bisa menambah penghasilan untuk meningkatkan ekonomi keluarga mereka. Kami berikan sebanyak 6 ekor untuk dikembangkan di rumahnya masing-masing,” kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Brebes, Yuli Hendrawati, Selasa (11/10/2016).

Yuli menjelaskan, sebanyak 21 paket ayam disediakan oleh Pemkab Brebes atas pendanaan dari CSR PT Charoen Pokphan Indonesia (CPI). Masing-masing kepala keluarga mendapatkan 6 ekor ayam yang berusia antara 6-7 bulan.

Dalam hitungan hari ke depan, ayam-ayam tersebut sudah bisa bertelur. Total ayam yang diberikan sebanyak 126 ekor yang merupakan calon bibit dengan kemampuan produktif sekitar 2 tahun.

"Kami juga menyediakan pakan ayam untuk sebulan dan bulan selanjutnya membeli pakan ayam sendiri karena mereka sudah mendapatkan penghasilan dari telur. Kemudian penerima ayam hanya menyiapkan kandang saja," lanjut dia.

Ayam-ayam yang diberikan dilarang keras warga untuk dijual apalagi disembelih untuk lauk di rumah. Pada awalnya, yang mengajukan permohonan sebanyak 40 kepala keluarga, namun setelah diseleksi hanya 21 KK.

Salah seorang warga, Ani (50) mengaku senang mendapatkan ayam yang berharap akan segera bertelur.

"Semoga bisa menambah penghasilan keluarga dengan ayam-ayam ini," ujarnya senang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com