Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rombak Sistem, Risma Pastikan Layanan E-KTP Sehari Jadi

Kompas.com - 05/10/2016, 11:40 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, langsung merombak sistem pelayanan e-KTP usai menemukan pelayanan yang berbelit di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) saat sidak beberapa waktu lalu.

Saat ini, kata Risma, warga tidak perlu lagi bolak-balik sampai empat kali untuk mengurus dokumen persyaratan e-KTP, karena pembuatan hanya memerlukan waktu satu hari.

"Sekarang sehari sudah jadi, tanpa harus bolak-balik," katanya, Rabu (5/10/2016).

Pelayanan berbelit dalam pengurusan dokumen kependudukan menurut Risma justru tidak mencerminkan semangat penggunaan sistem elektronik.

“Kalau pakai elektronik itu seharusnya lebih simpel. Lha kalau tambah ribet, buat apa pakai sistem elektronik,” tegasnya.

Setelah melakukan perombakan sistem layanan, kata Risma, terbukti pengurusan  e-KTP dapat selesai dalam waktu satu hari. Dengan begitu, warga tak perlu kehilangan banyak waktu dalam mengurus e-KTP karena sistemnya sudah dibenahi.

Pertengahan September lalu, Risma marah saat mengetahui pelayanan e-KTP di Dispendukcapil berbelit. Dia mendapat laporan warga yang sampai empat kali bolak-balik ke kantor Dispendukcapil untuk mengurus e-KTP. Video Risma marah sempat beredar di media sosial. 

Baca: Ketika Risma Mengamuk di Kantor Disdukcapil Kota Surabaya

Kompas TV Risma Marah Saat Sidak EKTP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com