Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atalia Doakan Ridwan Kamil Tak Terjerumus Perkara Korupsi

Kompas.com - 04/10/2016, 16:15 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Terhindar dari delik korupsi menjadi salah satu doa besar yang diucapkan Atalia Praratya untuk suaminya, Ridwan Kamil, yang berulang tahun ke-45, Selasa (4/10/2016). Harapan itu tak berlebihan mengingat tak sedikit kepala daerah yang terjerembab dalam perkara hukum.

"Saya agak khawatir melihat fenomena orang bisa naik dan turun, pejabat gampang sekali dipuji kemudian jatuh. Salah satu penyebabnya karena korupsi," ucap Lia, sapaan akrabnya di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (4/10/2016).

Lia tak menampik bahwa godaan kerap datang selama tiga tahun mendampingi Ridwan Kamil memimpin Kota Bandung. Sebagai istri, dia pun sangat mewanti-wanti agar suaminya selalu teliti ketika ada pemberian dari orang lain.

"Sejauh saya berjalan dengan Kang Emil, kami tidak pernah menerima sesuatu yang bukan haknya. Saat ada uang datang, saya suka bilang mana bukti potong pajak atau sumbernya dari mana. Karena kalau ada bukti potong pajak itu resmi, bisa dari hasil dia sebagai narasumber itu enggak masalah," tuturnya.

(Baca juga: Ridwan Kamil Ulang Tahun, Istri Pasang Iklan Ucapan Selamat di Koran)

Menurut Lia, di dunia politik tak semua orang menyukai sosok dan gaya kepemimpinan Ridwan Kamil. Bahkan, lanjutnya, tak menutup kemungkinan ada pihak yang sengaja berniat menjerumuskan suaminya ke dalam perkara hukum.

"Saya berharap Kang Emil dilindungi, bisa terus berkarya dan istiqomah. Karena banyak godaan luar biasa di dunia politik. Saya cuma bilang, hati-hati di perjalanan ke depan, bukan dia yang berniat tapi ada lubang yang mungkin dibuat orang lain supaya dia jatuh," ujarnya.

Banyaknya pejabat yang terjerat operasi tangkap tangan dari aparat membuat Lia dan Ridwan Kamil pun semakin hati-hati dalam menerima tamu.

"Kemarin sempat kejadian (penangkapan)ketua DPD (Irman Gusman), Kang Emil bilang sekarang kalau ada yang mau ketemu saya dicek dulu bawa apa. Karena bisa jadi kita tidak ada pembicaraan apa pun tapi kami dijebak. Intinya apa yang terjadi kepada orang lain, harus menjadi pelajaran untuk diri sendiri. Tugas saya menjaga juga, karena saat sesuatu terjadi saya juga akan terbawa," ungkapnya.

"Harapannya semua baik, saya secara pribadi selain mendoakan agar Kang Emil selamat tidak hanya di awal tapi di akhir," tambahnya kemudian.

(Baca juga: Ridwan Kamil: Iklan di Koran sampai Video Ucapan dari Artis, "Surprise"!)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com