Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Kesaktian Pancasila, Polres Demak Gelar Razia Berhadiah Helm dan Cokelat

Kompas.com - 30/09/2016, 12:18 WIB
Ari Widodo

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com - Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Demak, Jawa Tengah, bersama Kodim 0716 Demak menggelar razia simpatik di kawasan pecinan Kota Demak, Jumat (30/9/2016).

Dalam razia menyambut Hari Kesaktian Pancasila itu, aparat keamanan tersebut memberikan helm dan cokelat secara cuma-cuma kepada pengguna kendaraan bermotor.

Setiap pengendara motor, baik sipil maupun TNI/Polri dihentikan satu per satu untuk diperiksa kelengkapan kendaraan dan surat suratnya. Mereka yang terjaring razia, juga di hukum menghafal teks pancasila dan lagu garuda pancasila.

"Tadi sempat grogi, untung masih hafal Pancasila dan lagu Garuda Pancasila. Senang dapat helm dan cokelat. Kalau razia, mbok seperti ini, enggak usah ditilang," kata Ifo Tania (28), warga Desa Bango, Kecamatan Demak Kota.

Hal senada juga disampaikan Sertu Siswanto, anggota Kodim 0716 Demak yang terjaring razia simpatik ini. Dia juga menjalani pemeriksaan kelengkapan kendaraan beserta surat-suratnya.

"Ini bagus mengingat Pancasila bisa menumbuhkan semangat nasionalisme," kata Siswanto.

Kasatlantas Polres Demak AKP Yoppy Anggi Krisna mengatakan, selain untuk penegakan hukum dan disiplin berlalu lintas, razia ini juga untuk mengingatkan pentingnya arti sejarah dan dasar negara Pancasila.

"Kita beri hukuman kepada pelanggar lalu lintas dengan menghafal Pancasila dan lagu Garuda Pancasila. Bagi yang hafal dan lengkap surat-suratnya maupun kelengkapan kendaraan, kita beri reward helm dan cokelat," kata Yoppy.

Kenapa cokelat? "Cokelat itu sebagai simbol kita kepada masyarakat," kata Yoppy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com