Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Hati-hati, Ada "Alumnus" Suriah Sebar 5.000 "Tweet" Provokatif Setiap Hari

Kompas.com - 21/09/2016, 17:04 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan kepada generasi muda untuk pandai memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang selama ini.

Ia mengingatkan bahwa media teknologi kini berperan dalam menciptakan pola pikir radikalisme. Media sosial juga merekrut remaja untuk bergabung dalam jaringan radikal.

"Hati-hati, di Facebook, Instagram, Twitter, ada 'alumni (alumnus)' dari Suriah me-mention soal ISIS. Ada 5.000 tweet yang disebarkan tiap hari oleh satu orang," kata Ganjar di sela pemberian kuliah umum di Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Rabu (21/9/2016).

Imbas dari penyebaran tweet provokatif tersebut, anak-anak kategori remaja yang gemar internet mudah terpancing. Kepada para mahasiswa, Ganjar berpesan untuk tidak terbujuk dengan rayuan tersebut. Urusan jihad atau mati adalah urusan dengan Tuhan.

"Ada anak kelas VI SD yang sudah sukarela menyebarkan, dan itu tidak masuk akal," kata dia. "Itu bahayanya teknologi," tambah pria 47 tahun tersebut.

Oleh karena itulah, para mahasiswa ataupun kalangan pelajar untuk berpikir secara analitis serta bersikap kritis. Berpikir secara kritis akan membantu membaca perilaku seorang.

"Ini amalan bagi mahasiswa untuk ikut menyelesaikan masalah-masalah kebangsaan," kata dia.

Mahasiswa saat ini, lanjut dia, kerap mengalami kegalauan. Mahasiswa diminta menyiapkan diri dengan belajar, mencari hal baik dan benar, bertanya kepada dosen, serta bertanya kepada alam semesta.

"Tugas Anda hanya baca. Ada masalah, ini solusinya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com