Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Ayo Kumpulkan Mainan dan Buku Bekas ke Kelurahan Terdekat

Kompas.com - 21/09/2016, 07:51 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta warga Bandung agar mengumpulkan mainan dan buku yang tak terpakai ke kelurahan terdekat. Hal itu dilakukan sebagai salah satu program untuk meningkatkan literasi budaya baca dan indeks kebahagiaan.

"Kami mendapati banyak masyarakat kelas atas ini menyimpan mainan-mainan yang tidak terpakai," kata Emil di Hotel Papandayan, Jalan Gatot Subroto, Selasa (20/9/2016).

Buku dan mainan yang terkumpul, lanjut Emil, nantinya akan disebarkan kepada warga menengah ke bawah yang kurang mendapat fasilitas dan kesempatan untuk bermain dan belajar.

"Contohnya sayalah. Di rumah saya yang dulu, anak saya sudah SMA dan SMP mainannya banyak sekali dan enggak terpakai. Sementara di kawasan yang miskin mereka tidak mendapatkan kesempatan bermain tidak seperti masyarakat menengah atas," ujarnya.

Untuk menarik minat masyarakat, buku yang terkumpul di kelurahan akan dikemas dalam sebuah gerobak dengan konsep toys library.

"Nantinya sudah saya wajibkan tiap kelurahan membuat namanya gerobak perpustakaan buku dan mainan. Jadi di kampung-kampung itu nanti ada gerobak yang dirorong oleh relawan yang isinya buku dan mainan yang bisa dipakai oleh anak-anak yang memang jumlahnya banyak di kampung," tuturnya.

Dia menambahkan, program itu saat ini sudah mulai berjalan. Emil berharap gerakan sosial itu mendapat respons positif dari warga.

"Nah mudah-mudahan gerakan toys library ini bisa berhasil karena pada dasarnya orang orang Bandung ini kalau diajak kegiatan proaktif cenderung memang merespon dengan baik," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com