Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PAN Siap Bergabung jika PDI-P Calonkan Risma di Pilkada DKI

Kompas.com - 15/09/2016, 12:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - DPP Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan bahwa siap bergabung dengan PDI Perjuangan untuk mengusung calon kepala daerah pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017. Syaratnya, PAN menginginkan agar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi salah satu calon.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan, meski partainya telah mendeklarasikan mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli sebagai calon gubernur DKI, tetapi pilihan itu masing dapat berubah.

Ia memprediksi Pilkada DKI Jakarta akan diikuti empat pasangan. Hal itu merujuk pada perkembangan politik pada saat ini.

"Sandiaga-Mardani 1 calon, Yusril dengan siapa 1 calon, PDI-P dengan siapa, kan 4 calon. Kita masih menunggu kalkulasi yang memungkinkan memenangkan pertarungan yang mana," kata anggota Komisi II DPR itu.

Yandri juga menyatakan bahwa partainya bisa saja merapat ke PDI-P bila partai berlambang kepala banteng itu mengajukan nama Risma.

Yang pasti, PAN tidak akan berkoalisi dengan partai yang mengusung calon petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Iya (bergabung) kalau mengusung Risma. Kalau misalkan PDI-P dukung Ahok, ya kita selesai enggak akan bersama PDI-P karena kita sikap final enggak akan dukung Ahok kan," kata dia.

Mengenai Rizal Ramli, Yandri mengatakan bahwa hal tersebut tergantung dengan koalisi di DKI.

Itu karena PAN tidak bisa mengusung sendiri calon gubernur dan harus berkoalisi dengan partai lain.

"Gerindra, PKS, PDI-P, PKB, PPP, Demokrat, kita komunikasi terus. Kalau misalkan PDI-P dukung Risma kita kelihatannya bisa ke Risma," kata Yandri. (Ferdinand Waskita/Tribunnews)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com