Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Perayaan Idul Adha, 250 Personel Anggota Polisi Disiagakan di Tolikara

Kompas.com - 10/09/2016, 19:32 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Sebanyak 250 personel Kepolisian disiagakan untuk pengamanan shalat Idul Adha 1437 Hijriah di Kabupaten Tolikara, Papua, pada Senin (12/9/2016).

Kapolda Papua Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw mengatakan, 250 personel itu akan disebar di sejumlah lokasi yang dinilai menjadi pusat konsentrasi massa pada pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha.

"Kami akan menempatkan banyak anggota di sejumlah lokasi pembagian hewan kurban, Sebab, jumlah massa di lokasi itu sangat banyak," tutur Paulus saat ditemui usai pelantikan Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa dan Wakil Bupati Yakobus Broitay di Kantor Gubernur Papua, Jayapura, Sabtu (10/9/2016).

(Baca juga: Libur Idul Adha, Polda Jatim Fokuskan Pengamanan di Suramadu, Gilimanuk, dan Kawasan Wisata Malang )

Ia pun menyatakan, situasi di Tolikara saat ini semakin kondusif. Selain itu, aktivitas warga berjalan seperti biasa selama setahun terakhir.

"Saya berharap media massa bisa menginformasikan kepada seluruh masyarakat di luar Papua bahwa situasi keamanan di Tolikara sangat kondusif," ujar Paulus.

Sebelumnya, di Karubaga, Ibukota Tolikara, terjadi konflik antara warga setempat serta aparat keamanan saat perayaan shalat Idul Fitri pada 17 Juli tahun 2015 lalu.

Dalam konflik ini, seorang warga meninggal dunia dan 11 orang luka-luka. Akibatnya, sekelompok warga nekat membakar puluhan kios.

Api pun merembet ke Mushala Baitul Mustaqin karena letaknya sangat dekat dengan kios-kios itu. (Baca juga: Peningkatan Penumpang di Bandara Ahmad Yani Jelang Idul Adha Belum Signifikan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com