Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Desa di NTT Jadi Tempat Penangkaran Penyu

Kompas.com - 07/09/2016, 18:28 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

BAA, KOMPAS.com - Dua desa di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) dijadikan sebagai kawasan penangkaran penyu oleh Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang.

Kepala BKKPN Kupang Ikram Malan Sangadji kepada sejumlah wartawan, Rabu (7/9/2016) mengatakan, kedua desa tersebut yakni Desa Nggodimeda dan Desa Oengaen yang berada di Kecamatan Pantai Timur.

Menurut Ikram, dua desa tersebut dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu karena lokasinya berada di pesisir yang menjadi tempat bertelurnya penyu-penyu dewasa.

"Sepanjang pesisir pantai timur Kabupaten Rote Ndao merupakan daerah peneluran penyu, sehingga kalau ada penyu dewasa yang akan bertelur pasti akan naik ke pantai dan bertelur di situ," kata dia.

Ikram mengaku, rencana itu sudah disampaikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Rote Ndao dan mereka sangat mendukung rencana itu.

Sementara itu Bupati Rote Ndao Leonard Haning mengaku sangat mendukung rencana tersebut. Ia pun juga berencana akan membantu sesuai kemampuan daerah.

“Kita akan membantu dan mendukung rencana dari BKKPN untuk membangun tempat penangkaran penyu di daerah tersebut. Ini rencana positif dan memang harus didukung secara penuh,”ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com