Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Fatmawati Bengkulu Siaga Virus Zika

Kompas.com - 03/09/2016, 17:29 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan, Provinsi Bengkulu, Amin Kurnia menyatakan, pihaknya telah memasang alat pengukur suhu tubuh di Bandara Fatmawati setempat dalam upaya antisipasi virus zika.

"Alat pengukur suhu tubuh untuk setiap penumpang pesawat terbang telah siaga di bandara," kata Amin Kurnia (Sabtu (3/9/2016).

Kata dia, jika terdapat penumpang dengan suhu tubuh di atas 38 derajat, maka akan terdeteksi. Selanjutnya petugas akan langsung mengisolasi penumpang tersebut di sebuah ruang yang telah disediakan, terutama bila terjangkit virus zika.

Amin Kurnia mengatakan, potensi masuknya virus zika di Bengkulu tetap saja berpeluang, terutama melalui jalur Batam-Singapura.Sejauh ini virus tersebut belum ditemukan di Provinsi Bengkulu.

"Syukurnya belum ada warga Bengkulu terkena virus zika," ujarnya.

Amin mengimbau warga Bengkulu, jika mengetahui ada warga atau anggota keluarga yang mengalami demam dengan suhu di atas 38 derajat disertai gejala pusing, nyeri badan untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Warga juga harus menjaga kebersihan di sekitar rumah, sehingga tidak menjadi sarang nyamuk penyebab virus tersebut. Virus Zika berbahaya bagi balita dan ibu hamil. Jika terinfeksi, maka janin bayi yang dikandungnya akan cacat.

Kompas TV Singapura Terjangkit Zika, Indonesia Waspada

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com