Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Virus Zika, Bandara di Makassar Pasang Alat Pendeteksi Suhu Manusia

Kompas.com - 02/09/2016, 19:07 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Mencegah virus Zika masuk ke Makassar dari Singapura, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin memasang alat pendeteksi suhu tubuh manusia atau thermo scanner.

Selain pemasangan alat thermo scanner di pintu kedatangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, PT Angkasa Pura 1 juga menyediakan ruangan karangtina dan tim medis. Dengan begitu, masyarakat diminta tidak khawatir akan masuknya wabah virus Zika dari Singapura ke Makassar.

"Jika ada penumpang bersuhu tubuh di atas 38 derajat celsius, alat thermo scanner langsung mendeteksinya. Selanjutnya, penumpang itu dimasukkan ke ruangan karangtina dan ditangani oleh tim medis yang telah disiapkan," kata General Manager PT Angkasa Pura 1, Cecep Marga Sonjaya kepada wartawan, Jumat (2/9/2016).

Cecep juga memperketat pengawasan di pintu kedatangan penumpang jalur internasional dengan terus berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk mengantisipasi virus Zika yang disinyalir dapat menyebar melalui gigitan nyamuk dan udara.

"Kita jelas tingkatkan pengawasan untuk mengantisipasi virus Zika itu masuk ke Makassar. Karena Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar sendiri melayani jalur penerbangan internasional selama tiga kali dalam sepekan," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com