Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Brigpol Nyimas Kerap Tinggalkan Anak demi Kawal Jemaah Haji

Kompas.com - 16/08/2016, 08:40 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Brigadir Polisi Nyimas Febrina (28) selalu mendapat giliran bertugas di Asrama Haji Sudiang Makassar setiap musim haji tiba.

Sejak tahun 2011, perempuan yang kerap disapa Nyimas ini meninggalkan tugasnya sehari-hari di Dit Pam Ovit Polda Sulsel untuk menunaikan tugas di asrama haji bersama sejumlah rekannya.

"Sudah lima tahun saya bertugas di sini. Tiap musim haji tiba saya selalu berjaga di sini," kata Nyimas yang ditemui di sela kesibukannya memantau JCH di Asrama Haji Sudiang, Senin (15/8/2016).

"Kecuali tahun 2014 lalu saya cuti karena hamil anak kedua saya," tambahnya.

Nyimas mengaku, banyak suka duka yang dirasakan selama menjadi petugas haji di Asrama Hani Sudiang, seperti mengatur tingkah laku calon jemaah haji yang terkadang sulit diatur.

"Susahnya itu terkadang ada calon haji yang masih mau berkomunikasi dengan keluarganya saat akan diberangkatkan, padahal itu sudah tidak diperbolehkan. Di situ, kami harus bekerja mengarahkan mereka," kata Nyimas.

Meskipun demikian, ibu dua anak ini mengaku senang dan bangga karena dapat bertugas di Asrama Haji Sudiang setiap tahun.

"Enaknya itu, karena kami bertugas dan yang dilayani itu jemaah yang akan beribadah. Perasaan kami senang," ungkapnya.

Namun demikian, ada harga yang harus dibayar. Selama bertugas, Nyimas terkadang harus bermalam di asrama haji. Hal itu membuatnya galau karena harus meninggalkan anak-anaknya yang masih kecil.

"Terkadang kepikiran anak juga, tapi sudah terbiasa juga, apalagi ini tugas. Lagi pula anak-anak ada yang menjaga," ujar dia.

Nyimas juga berharap suatu saat bisa memiliki kesempatan berangkat ke Tanah Suci untuk mengunjungi rumah Allah.

"Ada keinginan mau berangkat apalagi selama ini sudah sering melihat proses keberangkatan dan kedatangan jemaah haji, rasanya ingin pergi juga. Mudah-mudahan suatu saat dapat terwujud," harapnya.

Brigpol Nyimas menjadi polisi sejak tahun 2006. Ia mengikuti penerimaan polisi di Sulawesi Tengah, namun kemudian pindah ke Makassar sejak tahun 2010 mengikuti suaminya, Aiptu Rustandi, yang juga seorang polisi.

Nyimas dan Rustandi yang bertugas di Biro Rena Polda Sulsel kini telah dikaruniai dua orang anak yaitu Naura Zahwa AR (7) dan Nadine Khaila (1,5).

 

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Selasa (16/8/2016), dengan judul: Brigpol Nyimas Febrina Bangga Bertugas di Asrama Haji Meski Tinggalkan Anaknya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com