Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati HUT RI, di Gunungkidul Ada Upacara Bendera di Laut

Kompas.com - 15/08/2016, 17:07 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Memperingati HUT RI ke-71, SAR Satlinmas Gunungkidul mengelar upacara bendera di Laut Pantai Baron, Tanjungsari. Acara upacara Bendera di Laut yang keempat kalinya ini akan digelar tepat di hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus.

"Pada 17 Agustus nanti, kami akan laksanakan upacara bendera di laut. Lokasinya 200 meter dari bibir pantai," ujar Koordinator Wilayah SAR Satlinmas Gunungkidul Marjono, Senin (15/8/2016).k

Ia mengatakan, upacara bendera ini sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur di laut. "Wilayah Indonesia meliputi daratan dan laut. Jadi kami mengelar upacara di laut , sekaligus membangkitkan rasa peduli dan mencintai laut Indonesia," ujarnya.

Menurut dia, upacara bendera di laut ini sudah dilaksanakan selama tiga tahun berturut-turut.

Awalnya upacara bendera di laut dilaksanakan pada tahun 2013 lalu yang diikuti sebanyak 100 peserta. Setiap tahun jumlah peserta upacara di laut ini terus meningkat.

"Jumlah pesertanya terus meningkat. Ini menunjukkan mampu menarik perhatian dan antusiasme masyarakat," kata Marjono.

Tahun 2016 ini, lanjutnya, peserta meliputi SAR, nelayan, relawan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan masyarakat umum.  "Tahun ini harapan kita meningkat. Ya sekitar 500 peserta," ujar dia.

Para peserta yang ingin mengikuti upacara bendera di tengah laut ini, diharuskan mengikuti briefing terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

"Pembekalan dua jam sebelum upacara. Semuanya yang ikut upacara di laut harus dan wajib menggunakan pelampung, kita siapkan tetapi diimbau membawa sendiri," ucapnya.

Pada upacara tersebut juga terdapat pasukan pengibar bedera 17, 8, dan 45. Namun karena di laut , untuk petugas pengibaran bendera berada di atas kapal. "Upacara akan dimulai tepat pukul jam 10 WIB," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com