Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Buka Lahan Pertanian Seluas 900 Hektar di Papua Barat

Kompas.com - 12/08/2016, 15:01 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

SORONG, KOMPAS.com - Komando Distrik Militer 1704 Sorong membuka lahan pertanian seluas 900 hektar di lima kabupaten di Provinsi Papua Barat sepanjang tahun 2016. Lima kabupaten ini meliputi Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Tambrauw dan Kabupaten Maybrat.

Dandim 1704/Sorong, Letkol Inf. Aulia Fahmi Dalimunte pada Jumat (12/8/2016) mengatakan, pembukaan lahan pertanian seluas 900 hektar ini merupakan program Gerakan Tanam Terpadu ini dengan pencetakan sawah baru yang siap ditanam padi. “Dengan gerakan tanam terpadu, kami turut serta menyukseskan kemandirian menuju kedaulatan pangan di Indonesia pada tahun 2017,” kata Fahmi.

Fahmi menuturkan gerakan percepatan pencapaian target padi khususnya di Kabupaten Sorong sangat ditentukan realisasi luas tanam pada periode April - September 2016.

Oleh karena itu, lanjut Fahmi, pihaknya akan mengoptimalkan penggunaan alat mesin pertanian milik Kodim Sorong dan bantuan pemda setempat. Selain itu, anggota TNI juga akan memanfaatkan kondisi curah hujan yang cukup tinggi saat ini untuk mempercepat pertumbuhan tanaman padi.

Fahmi berharap gerakan tanam terpadu ini bukan hanya sekedar formalitas dalam menjalankan program namun dapat dilaksanakan dengan tepat sasaran dan efektif. “Harapan kami predikat Daerah Swasembada Pangan di Papua Barat dapat terwujud,” tuturnya.

Asisten I Pemda Kabupaten Sorong Isak Kambuaya menyatakan, pihaknya mendukung penuh kebijakan Presiden Joko Widodo yang berupaya mewujudkan program swasembada pangan nasional.

“Dengan kebijakan ini akan menciptakan daerah-daerah sebagai lumbung pangan nasional serta meningkatkan kesejahteraan para petani,” tutur Isak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com