Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Penutupan Bandara Ternate Diperpanjang

Kompas.com - 05/08/2016, 15:26 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Otoritas Bandara Babullah Ternate, Maluku Utara, mempunyai beberapa alasan dan pertimbangan sehingga penutupan bandara kembali diperpanjang hingga Sabtu (6/8/2016) besok.

Kepala Bandara Babullah Ternate, Anung Bayumurti menjelaskan, perpanjangan penutupan bandara dimulai Jumat (5/8/2016) pukul 11.00 WIT hingga Sabtu (6/8/2016) besok pukul 11.00 WIT.

Anung menjelaskan, dari hasil koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bahwa masih ada aktifitas gunung Gamalama dengan gempa tremor.

“Hasil koordinasi dengan BMKG dan Pusat Vulkanologi bahwa gempa tremor masih ada, kemudian awan mengandung asap partikel abu vulkanik dan itu membahayakan penerbangan,” kata Anung.

Kondisi itu, katanya, berdasarkan gambar satelit dari Direktorat Navigasi Penerbangan bahwa kondisi itu akan terjadi sepanjang hari ini.

Tidak hanya pesawat, otoritas bandara Ternate juga tidak mengizinkan helikopter untuk melakukan penerbangan selama bandara belum dibuka.

“Di landasan sana memang ada tiga pesawat, jangan dikira itu bisa langsung diterbangkan tapi masih menunggu pemeriksaan dari maintenance masing-masing airlines untuk mengecek kondisi mesin pesawat dari abu vulkanik yang menempel,” kata Anung lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com