Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Ternate Belum Dibuka karena Abu Vulkanik Gunung Gamalama

Kompas.com - 04/08/2016, 10:03 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE,KOMPAS.com - Pihak otoritas Bandara Babullah Ternate, Maluku Utara, secara resmi mengumumkan perpanjangan penutupan bandara. Kepala Bandara Babullah Ternate, Anung Bayumurti, mengatakan, bandara akan dibuka kembali besok, Jumat (5/8/2016) pukul 11.00 WIT.

“Hari ini masih diperpanjang mulai jam 10.00 hingga jam 11.00 waktu setempat besok pagi,’ tegas Anung, Kamis (4/8/2016).

Dia mengatakan, perpanjangan waktu ini dilakukan karena dari hasil pantauan visual, abu vulkanik Gunung Gamalama masih turun dan arah abu memengaruhi arah pendaratan pesawat.

“Hasil monitoring visual, kecenderungan pergerakan abu vulkanik masih ada yang turun, arah abu juga mempengaruhi arah pendaratan pesawat. Untuk itu, hasil koordinasi dengan Direktorat Navigasi Penerbangan Jakarta hasilnya kembali ditutup,” katanya.

(Baca juga: Bandara Ternate Belum Bisa Dibuka, Penumpang Kecewa)

Perpanjangan penutupan bandara itu telah dirapatkan bersama pihak maskapai yang ada di Bandara Babullah Ternate.

Untuk informasi lebih lanjut, para penumpang pesawat diminta untuk konfirmasi langsung ke masing-masing maskapai.

“Jadi jangan dikira ada tiga pesawat yang parkir terus bisa langsung terbang begitu. Pesawat itu harus dicek kembali tim dari Jakarta untuk memastikan apakah ada abu yang masuk ke dalam mesin pesawat atau tidak. Dari hasil pemeriksaan itu dinyatakan layak, barulah bisa terbang,” ujar Anung.

Pembersihan landasan bandara, lanjut Anung, sudah dilakukan sejak siang hingga pukul 23.00 WIT tadi malam bersama beberapa SKPD terkait dari Pemda Kota Ternate. 

 

Kompas TV Penumpang Nginap di Bandara akibat Vulkanik
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com