Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Gamalama Erupsi, 15.000 Masker Gratis Dibagikan ke Warga

Kompas.com - 03/08/2016, 16:31 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Dinas Kesehatan Kota Ternate membagikan 15.000 masker gratis ke masyarakat.

Pembagian masker ini untuk melindungi diri dari efek semburan abu vulkanik Gunung Api Gamalama yang menutupi hampir sebagian besar Kota Ternate mulai Rabu (3/8/2016) pagi tadi.

Baca juga: Gamalama Semburkan Abu Vulkanik, Penumpang di Bandara Ternate Batal Berangkat

Pembagian masker dilakukan di beberapa titik jalan di Kota Ternate, terutama bagian Ternate Utara yang merupakan kecamatan terparah terkena dampak abu vulkanik. Di antaranya Kelurahan Salero, Akehuda, Dufa-dufa, Tabam, Sango serta Tubo.

“Jumlah masker yang sudah keluar hari ini 15.000 masker. Itu sudah termasuk dari Dinkes dan BPBD Maluku Utara sebanyak 5.000 lembar,” kata Kepala BPBD Kota Ternate Hasyim Yusuf.

Menurut Hasyim, stok masker masih ada sekitar 15.000 lembar dan diperkirakan masih dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Ternate.

“Pembagian masker akan kita lakukan sambil melihat perkembangan aktifitas gunung Gamalama hingga besok,” ujarnya.

Pembagian masker ini katanya untuk menjaga kesehatan dari bahaya abu vulkanik karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com