Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Freddy Budiman Dikuburkan di Samping Makam Ayahnya

Kompas.com - 29/07/2016, 16:33 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Jenazah Freddy Budiman dimakamkan di pemakaman Kalianak Surabaya, Jumat (29/7/2016) siang. Jenazah Freddy dikuburkan di samping makam ayahnya.

Puluhan tetangga, kerabat, keluarga, dan teman-teman Freddy waktu kecil turut mengantar jenazah Freddy hingga ke pemakaman. Abdul Rohim, salah satunya, mengaku berteman dengan Freddy sejak duduk di bangku sekolah dasar.

"Freddy itu teman saya mulai kecil di kampung sini. Saya kaget kalau dia sampai dieksekusi, karena saya sudah lama tidak pernah bertemu dia," kata Abdul Rohim, teman Freddy di kampung Krembangan.

Jenazah Freddy sendiri baru sampai di rumah duka di Jalan Krembangan Baru, Surabaya, pukul 14.00 WIB, setelah menempuh perjalanan jalur darat selama 10 jam dari Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, tempat Freddy dieksekusi dini hari tadi. (Baca: "Petualangan" Sang Gembong Narkoba Freddy Budiman Berakhir di Hadapan Regu Tembak)

Seusai disemayamkan beberapa saat di rumah duka, jenazah Freddy dishalatkan di masjid sekitar rumah duka, lalu dibawa ke pemakaman.

Sementara itu, keluarga Freddy menolak memberikan komentar kepada wartawan.

Freddy Budiman termasuk empat terpidana mati yang dieksekusi dini hari tadi. Freddy Budiman divonis mati oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada 2012 karena "mengimpor" 1,4 juta butir ekstasi dari China. 

Freddy diduga masih mengatur peredaran narkotika dari balik jeruji. Permintaan terakhir Freddy sebelum dieksekusi, dia meminta dikebumikan di Surabaya, di kampung halamannya. (Baca juga: Freddy Budiman Ngakunya Berbisnis Kacamata)

Kompas TV Keluarga Siapkan Pemakaman Terpidana Mati Freddy
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com