Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parpol Masih Sulit Berkoalisi untuk Pilkada Kota Batu

Kompas.com - 19/07/2016, 07:39 WIB

BATU, KOMPAS.com - Hingga tujuh bulan jelang pemilihan daerah serentak pada 2017, belum ada tanda-tanda koalisi sejumlah partai politik untuk mengusung pasangan calon kepala daerah Kota Batu, Jawa Timur.

Pembahasan alot mewarnai terbentuknya nota kesepakatan antarparpol untuk berkoalisi.

Ketua DPC PKB Kota Batu Nurrohman mengatakan, PKB yang memiliki empat kursi DPRD Kota Batu cukup merasakan sulitnya mencapai kesepakatan koalisi dengan partai lain.

PKB hanya membutuhkan tambahan satu kursi untuk bisa mengusung calon kepala daerah. Partai tersebut harus terlibat aktif dalam pembicaraan dan berkoordinasi dengan parpol pemilik minimal satu kursi DPRD.

"Parpol pemilik satu kursi justru menjadi penentu koalisi sekarang ini," kata Nurrohman, Senin (18/7/2016).

Bagi PKB, tidak ada persoalan untuk nama calon wali kota. Ada lima nama bakal calon wali kota yang mendaftar ke tim Pilkada DPC PKB Kota Batu. Kelima nama bakal calon tersebut semuanya memiliki potensi keterpilihan cukup tinggi dalam Pilkada Kota Batu.

Kini tinggal nama bakal calon wali kota yang belum ada. PKB membuka peluang kepada parpol mitra koalisi untuk mengisi posisi tersebut. (Ahmad Amru Muiz/Surya Malang)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com