Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Candi Borobudur Siap Sambut Pengunjung

Kompas.com - 02/07/2016, 10:04 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) telah mempersiapkan berbagai atraksi kesenian dan budaya untuk menyambut wisatawan selama libur hari raya Idul Fitri 2016. Persiapan dilakukan untuk menambah daya tarik wisatawan mengunjungi dan memelajari seni serta budaya yang ada di sekitar candi tersebut.

Direktur Operasi PT TWC Nina Hardiasiwi menyebutkan berbagai atraksi seni dan budaya yang telah dipersiapkan antara lain Giant Puzzle "We care Borobudur", Parade bergodo Jogoboyo Candi, pantomim dan stand up comedy, atraksi punokawan, panggung dongeng, Cokean, Siiteran, wayang Kulit, keroncong, Sendratari Kidung Karmawibangga, Barongsai dan kesenian tradisional lainnya.

"Kami melibatkan Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang dan kelompok-kelompok seni tradisi di sekitar Candi Borobudur. Adanya atraksi ini agar wisatawan memiliki wawasan baru bahwa ada potensi lain yang membanggakan selain candi Borobudur itu sendiri," jelas Nina dalam keterangan pers, di Hotel Manohara Borobudur, Jumat (1/7/2016) sore.

Selain menampilkan kesenian tradisional, pihaknya juga menyelenggarakan pameran produk-produk unggulan potensi desa di sekitar Candi Borobudur. Pameran yang akan diselenggarakan pada 6-17 Juli 2016 ini antara lain menampilkan hasil kerajinan batik, kriya kayu, lukisan, kuliner dan sebagainya.

"Ini merupakan wujud kepedulian kami dalam membantu mempromosikan beragam potensi desa sekitar candi peninggalan raja-raja pada dinasti Syailendra ini," ucap Nina.

Kegiatan-kegiatan tersebut menurut Nina sebagai pendukung tema liburan yang diusung tahun ini, yakni "Yuk, Dolan ke Candi". Tema ini mengajak masyarakat untuk dolan atau berwisata ke Candi Borobudur yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

PT TWC sendiri telah menetapkan masa libur Lebaran selama 15 hari terhitung sejak 6-7 Juli 2016. Tahun ini pihaknya menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 358.500 orang atau 10 persen di atas realisasi tahun lalu.

"Puncak kunjungan kami perkirakan terjadi pada tanggal 8 dan 9 Juli 2016," kata Nina.

Pengamanan

Kepala Unit PT TWC, Chrisnamurti Adiningrum, menyampaikan, untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada wisatawan pihaknya melibatkan sebanyak 50 personel polisi setempat yang akan ditempatkan baik di dalam maupun luar area TWCB.

"Kami juga sudah memasang sebanyak 19 kamera pengawas (CCTV) yang terkoneksi langsung dengan Polres Magelang, untuk mempermudah pemantauan keamanan," ujar Chrisna.

Adapun untuk tiket tanda masuk, kata Chrisna, tidak mengalami kenaikan dibanding hari biasa. Harga tiket tetap Rp 30.000 per pengunjung.

Nina menambahkan, khusus masa libur Lebaran 2016 ini wisatawan yang bercelana atau rok pendek tidak diwajibkan mengenakan kain saung batik seperti pada hari-hari biasanya. Sebab seluruh petugas akan diterjunkan dalam upaya pengamanan candi Borobudur.

"Seluruh petugas akan fokus pada pengamanan, sehingga penggunaan sarung untuk sementara ditiadakan," ujar Chrisna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com