Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Pencurian Selama Mudik Lebaran, Polres Gunung Kidul Buka "Jasa Penitipan"

Kompas.com - 29/06/2016, 15:42 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Mengantisipasi aksi pencurian yang memanfaatkan mudik Lebaran, Polres Gunung Kidul membuat langkah antisipasi dengan penitipan barang-barang berharga di kantor polisi. Penitipan selama Lebaran ini diperuntukkan khusus bagi instansi-intansi di Gunung Kidul.

"Melihat pengalaman, tindak kejahatan seperti pencurian sering kali memanfaatkan musim mudik Lebaran," ujar Kapolres Gunung Kidul AKBP Nugrah Trihadi, Rabu (29/6/2016).

Trihadi menjelaskan, demi mengantisipasi tindak pencurian dengan memanfaatkan kekosongan karena ditinggal mudik, pihaknya membuat langkah dengan membuka penitipan barang berharga. Penitipan ini khusus untuk instansi pemerintahan atau sekolah di Gunung Kidul.

Nantinya, lanjut dia, ketika ada instansi pemerintahan dan sekolah yang menitipkan barang berharga akan diberikan surat tanda terima. Surat tersebut juga digunakan untuk pengambilan barang.

"Silakan instansi pemerintahan atau sekolah menitipkan aset atau benda berharga di polsek-polsek yang ada di wilayahnya," imbaunya.

Menurut dia, bagi instansi pemerintahan dan sekolahan yang hendak menitipkan barang dan aset berharga di Polsek tidak perlu ragu. Sebab tidak dipungut biaya atau bersifat gratis.

Dijelaskannya, sampai saat ini telah ada beberapa sekolahan yang menitipkan barang-barang berharga di polsek-polsek. Barang-barang yang dititipkan sementara ini terdata seperti komputer.

"Sudah ada yang menitipkan. Ini kita lakukan langkah-langkah antisipasi, jangan sampai kejadian pencurian saat mudik Lebaran berulang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com