Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyamar Jadi Penumpang, Dua Pencuri Diringkus di Dalam Kereta

Kompas.com - 29/06/2016, 12:51 WIB

JEMBER, KOMPAS.com - Polisi khusus kereta api menangkap dua orang pencuri di atas KA Mutiara Timur Malam jurusan Surabaya-Banyuwangi pada Rabu (29/6/2016) pukul 03.00 WIB.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IX Jember Krisbiyantoro mengatakan, kedua pelaku bernama Susilo Hadi Sambogo (47), warga Kota Surabaya, dan Dwi Sudarwanto (45) dari Bojonegoro.

"Keduanya merupakan penumpang yang naik dari Stasiun Gubeng Baru Surabaya. Pelaku beraksi ketika kereta melintas di Stasiun Kalisat yang memanfaatkan situasi banyak penumpang yang tertidur," kata Krisbiyantoro seperti dikutip Antara, Rabu siang.

Tindakan pelaku diketahui ketika korban, Rosita Selviana, terbangun dan menjerit setelah melihat kedua pelaku mengambil tas miliknya yang berisi uang.

Mendengar teriakan korban, pelaku berlari dari gerbong 4 ke gerbong 3. Petugas Polsuska yang siaga di kereta 3 langsung menghubungi semua awak KA dan mencoba menghentikan dua pencopet tersebut.

Setelah ditangkap, pelaku diturunkan di Stasiun Kalibaru dan diproses di polsek setempat.

Barang bukti yang berhasil diamankan yakni uang tunai sebesar Rp 2,5 juta dari tas milik korban.

Krisbiyantoro mengingatkan para penumpang untuk selalu waspada atas tindak kejahatan di atas kereta api karena pelaku juga memiliki tiket seperti penumpang pada umumnya.

"Kami juga akan memasang CCTV di kereta secara bertahap, sehingga kejadian apa pun yang mencurigakan di dalam kereta dapat terpantau oleh petugas PT KAI dan tidak ada lagi aksi kejahatan di atas kereta api," ujarnya.

Ia mengimbau kepada para penumpang kereta untuk tidak membawa uang tunai berlebihan, perhiasan yang mencolok, dan barang bawaan yang berlebihan yang dapat merepotkan saat bepergian menggunakan jasa kereta api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com