Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk Diprediksi Melanda Bengkulu, BMKG Imbau Pemudik Hati-hati

Kompas.com - 27/06/2016, 19:30 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu memprediksi cuaca buruk dan hujan deras akan melanda Bengkulu menjelang Lebaran.

Kondisi ini cukup membahyakan pemudik yang menggunakan jalur lintas di Bengkulu yang rawan longsor serta banjir.

Prakirawan BMKG Bengkulu, Haris Syahid Hakim menjelaskam, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat terjadi dan memicu terjadinya longsor.

“Diharapkan, pemudik untuk tetap waspada terutama di titik-titik rawan longsor dan tidak memaksakan kendaraan bila cuaca buruk saat di perjalanan,” imbau Haris, Senin (27/6/2016).

Ia menjelaskan, hujan juga akan diikuti angin kencang disertai petir. Pemudik disarankan untuk tidak memaksakan diri jika menghadapi cuaca seperti itu.

Sementara itu, koordinator tanggap darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Edward Saputra mengatakan, titik rawan longsor terbanyak terdapat di jalan lintas barat dari Lampung menuju Bengkulu dan Bengkulu menuju Sumatera Barat meliputi Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan, Seluma, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara dan Kabupaten Mukomuko.

BPBD menyiapkan alat berat dan petugas yang siaga 24 jam. BPBD juga mengimbau pemudik tidak melakukan perjalanan pada malam hari. Hal ini agar kemacetan akibat longsor bisa tertangani secara cepat dan mengurangi risiko tindak kejahatan di jalan raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com