Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Bogor Awasi Peredaran Bakso Tawas di Pasar-pasar

Kompas.com - 18/06/2016, 20:23 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor langsung melakukan pengecekan terhadap peredaran bakso yang mengandung tawas, pasca penggerebekan pabrik bakso tawas yang dilakukan Tim Subdit Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri, Kamis (16/6/2016).

Kasi Perlindungan Konsumen Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor Jaya Sanirin mengaku, telah berkoordinasi dengan sejumlah perangkat daerah untuk mengecek peredaran bakso tawas di pasar-pasar wilayah Kabupaten Bogor.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, dan PD Pasar untuk melakukan pengecekan sampel bakso yang ada di pasar-pasar,” ucap Jaya, Sabtu (18/6/2016).

Jaya menambahkan, tawas adalah bahan kimia yang termasuk dalam golongan disinfektan berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri penyebab berbagai penyakit.

Tawas biasanya digunakan dalam industri kosmetik sebagai bahan menghilangkan bau badan.

Sementara dalam dunia kesehatan, tawas berguna mencegah pertumbuhan jentik nyamuk yang berdiam di dalam bak kamar mandi.

“Jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama, penggunaan tawas untuk makanan berdampak buruk bagi kesehatan, khususnya fungsi hati serta rusaknya jaringan tubuh manusia,” jelasnya.

Sebelumnya, Tim Subdit Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri menggerebek sebuah pabrik bakso yang menggunakan bahan berbahaya di Kampung Parakansalak, Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri Brigjen Dharma Pongrekun mengatakan, setiap harinya pabrik bakso tersebut mampu memproduksi 1,5 ton olahan bakso tawas dan dipasarkan di wilayah Jabodetabek.

“Hasil penggerebekan, kami temukan bahan-bahan berbahaya, yaitu tawas dan pewarna karamel. Selain itu, ditemukan olahan daging sapi impor tak layak konsumsi," tutur Dharma.

Dari penggerebekan tersebut, petugas juga mengamankan sejumlah merek bakso yang diduga mengandung tawas dan siap edar.

Adapun merek bakso tersebut, yakni Bakso Sapi Asli Polos Bangka, Bakso Sapi Tenis Bangka Brekele, Bakso Daging Kaya Rasa & Gizi Banka, Bakso Sapi Asli Super Polos, dan Bakso Daging Sapi Banka Tenis Urat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com